Konsultasi: Apa Hukumnya Sujud diatas Kaki Orang Lain?

0
438
Ilustrasi Gambar google.com

Pertanyaan :

Ustadz, tahun ini saya insya Allah berangkat haji lagi setelah beberapa tahun yang lalu saya menunaikan ibadah haji, ketika salat di Masjidil Haram karena saking padatnya sampai saya tidak bisa sujud ke lantai tapi sujud ke kaki jamaah di depan saya. Yang menjadi pertanyaan sahkah salat saya kalau bersujud di atas kaki orang lain ? Terima kasih  atas jawabannya.

Asy’ari, Jl. Margodadi Surabaya

 Jawaban :

Pak H. Asy’ari yang saya hormati, sujud adalah salah satu rukun salat  yang harus dilaksanakan baik itu salat fardlu atau sunnah. Syaratnya sujud adalah harus meletakkan anggota sujud yang tujuh ke ‘tempat’ sujud, lebih rendah dari ruku’ dan diam sejenak (thuma’ninah) dalam sujud.

Hal itu berdasarkan beberapa hadits Rasulullah SAW di antaranya, hadits dari Ibnu Abbas R.A. berkata, “ Rasulullah memerintahkan agar bersujud atas tujuh anggota, yaitu dahi, dua telapak tangan, dua lutut dan dua kaki. ” (Muttafaq alaih)

Dalam hadits yang lain Rasulullah bersabda : “… kemudian bersujudlah sampai tenang sejenak (thuma’ninah) kemudian angkatlah kepalanya dalam keadaan duduk, kemudian sujud lagi sampai tenang sejenak…”

Adapun tempat sujud memang seharusnya di lantai yang rata yang  memungkinkan sujud dengan tenang dan  sempurna, namun kalau dalam kondisi padat seperti yang terjadi di Masjid al-Haram pada musim haji, maka diperbolehkan sujud walaupun di atas punggung atau kaki  jamaah yang ada di depannya. Sebagaimana dijelaskan dalam kitab al-Mahalli ‘ala al-Minhaj juz I halaman : 294, “ Dan barangsiapa yang sesak ketika sujud dan tidak bisa sujud ke lantai namun mungkin sujud ke manusia di depannya umpamanya, seperti punggungnya atau kakinya maka kerjakanlah demikian itu dengan wajib, karena memungkinkan sujud sesuai kemampuannya. ”

Pak H. Asy’ari yang saya muliakan, salat Anda di masjid al-Haram sah, walaupun karena padatnya harus sujud di atas kaki atau punggung orang lain asal memenuhi syarat sujud. Semoga Anda dapat melakukan ibadah  dengan sempurna di tanah suci dan pulang membawa   haji mabrur. Amiin ya Mujibassailin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here