MUI Mengutus Sembilan Da’i ke Papua

0
472
Dr. KH. M. Cholil Nafis, Lc., MA., Ph,D (Pengasuh Pondok Pesantren Cendekia Amanah/Ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat MUI Pusat/Dosen Pascasarjana Universitas Indonesia)

“Tugas utama para da’i adalah menyebarkan Islam Wasathiyah dan melayani keagamaan”

CHOLILNAFIS.COM, JAKARTA-Rapat Kerja Nasional Majelis Ulama Indonesia tahun ini dilaksanakan di Raja Ampat, Papua Barat sekaligus meluncurkan program unggulan melalui Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat MUI untuk penyebaran da’i Islam Wasathiyah di bumi Papua yang diberi nama “MUI Berkhidmah”, dengan mengirimkan sembilan da’i angkatan pertama yang akan ditempatkan di beberapa Kabupaten/Kota se-Papua.

Menurut Ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat MUI KH M Cholil Nafis Tugas utama para da’i adalah menyebarkan Islam Wasathiyah dan melayani keagamaan di seluruh bumi Papua, “Ada tiga tugasnya pertama, Himayah (perlindungan umat), kedua, Ri’ayah (bimbingan umat) dan Taqwiyah (pemberdayaan umat)” ujarnya pada kamis, 22/11/18.

“Himayah umat ditujukan untuk menjaga masyarakat dari aliran sesat dan paham radikalisme terorisme. Ri’ayah ummah adalah bimbingan umat dalam memahami ajaran agama, mulai mengaji al Qur’an sampai masalah kematian. Sedangkan Taqwiyah ummah adalah untuk pemberdayaan umat dalam merefleksikan keumatan dan kebangsaan” lanjut Pengasuh Pondok Pesantren Cendekia Amanah ini.

Menurutnya Sembilan da’i tersebut akan berkhidmah kepada umat di bumi papua selama setahun dan akan diperpanjang jika dirasa masih diperlukan atau akan ditambah dengan da’i yang lain. (ed. Adm/Fz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here