Profil Pesantren Cendekia Amanah

0
1647

cholilnafis.com, Depok-Pesantren Cendekia Amanah adalah model pendidikan yang mengkombinasi antara sistem pendidikan salaf yang masih aktual dan mengadopsi model pendidikan modern yang baik, memadukan antara teori dan praktik serta menyeimbangkan antara model kelas dan alam terbuka. Peserta didik sepenuh waktu berada di lingkungan pesantren dengan pelajara agama dan umum mengembangkan intelektualitas sekaligus keterampilan untuk mengimplementasikannya. Model pendidikan ini ditujukan untuk mencetak generasi Qur’ani yang berpijak pada keimanan yang kokoh sekaligus menyebarkan manfaatnya di seluruh alam raya.

Lokasi berdirinya Pondok Pesantren Cendekia Amanah berada di Jl. Raya kalimulya, Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat dengan luas tanah keseluruhan 10.057 m2 terdiri dari bangunan masjid dan ruang serbaguna dengan luas 960 m2, Gedung Sekolah dan Kantor terdiri dari 3 lantai dengan luas 3.200 m2 , asrama santri putra terdiri dari 3 lantai dengan luas 900 m2, asrama putri 3 lantai dengan luas 900 m2, Ruang makan dan pertemuan terdiri dari 2 lantai dengan luas 400 m2, gedung usaha mandiri terdiri dari dua unit masing-masing 2 lantai dengan luas 420 m2, selebihnya merupakan ifrastruktur (jalan, taman, parkir, kolam, lapangan olahraga) dan perizinan.

Pesantren Cendekia Amanah adalah pengembangan dari Yayasan Darul Qur’an Tebet untuk mewadahi kebutuhan siswa yang tak tertampung dan model pendidikan yang disesuaikan dengan perkembangan zaman. Hal ini dilakukan untuk memenuhi panggilan keimanan, tanggung jawab kemanusiaan, dan turut memberi kontribusi kepada bangsa dan negara untuk menyiapkan generasi yang kuat.

Investasi pendidikan kepada generasi penerus sama halnya dengan membangun negara dan peradaban di masa depan. Sebab unggulnya suatu bangsa ditentukan oleh tingkat sumber daya manusianya bukan semat-mata kekayaan alamnya.

Saat Pesantren Cendekia Amanah didirikan maka sebenarnya sedang membangun peradaban di Indonesia untuk bersaing di dunia global. diharapkan alumninya kelak menjadi generasi yang tangguh dan mampu bersaing di dunia global dengan pijakan nilai agama Islam.

Ngaji Rutinan Sabtu Pagi “Mujahadah” di Aula Cendekia, Ponodk Pesantren Cendekia Amanah, Depok

Ngaji Rutinan Sabtu Pagi “Mujahadah” di Aula Cendekia, Ponodk Pesantren Cendekia Amanah, Depok

TRIO PROGRAM PELOPOR

Untuk mewujudkan visi dan misinya, Pesantren Cendekia Amanah telah membuat tiga program pelopor, yaitu (1) Pendirian Pesantren Online dan Offline, (2) Pelatihan Kewirausahaan untuk Kalangan Santri dan (3) Baitul Mal Wat Tamwil.

  1. Pesantren Online

Wahana penyiaran Islam melalui internet. Berbagai rubrik keagamaan disajikan, mulai dari bidang pendidikan Islam, ekonomi Islam, keluarga Islam, wakaf, dan dunia pesantren di Indonesia. Pesantren online juga dilengkapi dengan konsultasi interaktif seputar persoalan agama, hukum Islam, keluarga Islam dan ekonomi Islam.

Di pesantren online juga ada program pengajian “kitab kuning” yang diasuh oleh KH. M. Cholil Nafis, Lc., Ph.D, yang disiarkan langsung melalui sosial media Pesantren Cendekia Amanah juga disiarkan oleh Radio RAS FM Jakarta digelombang 95,50. Di pesantren online masyarakat bisa mendapatkan banyak informasi dan juga pembelajaran.

  1. Pesantren Offline

Pesantren offline ini dilakukan di beberapa pesantren yang tersebar di daerah Jawa, Jogjakarta, dan Jabodetabek. Tujuan utamanya adalah untuk peningkatan kualitas pendidikan santri dan juga pengembangan kelembagaan pesantren.

Hal ini diimplementasikan dalam bentuk pelatihan kewirausahaan, pendirian taman bacaan, juga bimbingan belajar (Bimbel) Program Berantas Baca al-Qur’an (BBQ) dan Mujahadah Rutin di Pesantren. Untuk Bimbel, khusus didesain sebagai jembatan penghubung antara pesantren dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

  1. Baitul Mal wa Tamwil Investa Cendekia Amanah (BMT ICA)

Yayasan ICA mendirikan Baitul Mal Wa Tamwil (BMT) dengan badan hukum koperasi sebagai sarana pemberdayaan ekonomi masyarakat di daerah. BMT ini bermitra dengan beberapa lembaga serupa dalam rangka pengembangan ekonomi.

Di antaranya adalah kemitraan BMT ICA dengan BMT Daarul Qur’an. Kerjasama ini difokuskan untuk membuka BMT di lingkungan pesantren, yaitu di Bekasi (Pesantren Nurul Huda), Yogyakarta (Pesantren Sunan Pandanaran) dan Sukabumi (Pesantren Al- Mas’udiyah).

Visi Pesantren Cendekia Amanah

“TERWUJUDNYA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM YANG MEMBENTUK GENERASI BERKARAKTER QUR’ANI”.

Misi Pesantren Cendekia Amanah:  

  1. Menyelenggarakan pendidikan berbasis Al-Qur’an dan wawasan global
  2. Mengembangkan sistem pendidikan yang mengkombinasikan antara metode salaf khazanah islam) dan khalaf (modern)
  3. mencetak generasi cendekiawan yang beramal, mandiri dan amanah

Maksud dan Tujuan

  1. Mencetak generasi Qur’ani; intelektual beramal dan kaya yang dermawan
  2. Turut serta pada program pemerintah di bidang pembinaan sumber daya manusia yang berlandaskan Pancasila melalui jalur pendidikan dan pengajaran
  3. Meningkatkan pelayanan dan pengabdian kepada umat Islam Indonesia dengan menyediakan sarana dan prasarana pendidikan yang refresentatif

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here