Konsultasi: Perbedaan Waktu Khutbah Jumat dan Khutbah Ied

0
969
Dokumen Pribadi KH M Cholil Nafis

Pertanyaan :

            sholat   Ied dan sholat Jum’at sama-sama ada khutbahnya, namun kalau diperhatikan salat jum’at khutbah lebih dahulu tapi kalau salat Ied salat dahulu baru khutbah. Yang saya tanyakan, apa sebabnya kok berbeda ? Atas jawaban ustadz saya haturkan terima kasih.

Anas, Jl. Sidotopo Lor Surabaya

Jawaban :

            Pak H. Anas yang saya hormati, salat adalah ibadah mahdloh (murni) yang teknis pelaksanaanya tauqifi atau dicontohkan langsung oleh Rasulullah SAW. Baik yang menyangkut ucapan,  gerakan,  tata letak, waktu dan urutannya.

            Khutbah dalam salat Ied dan Jum’at termasuk bagian dari pelaksanaan salat itu yang tata pelaksanaanya diatur langsung oleh syari’at dan dicontohkan langsung oleh Rasulullah SAW. Pada awal-awal berkembangnya islam  pelaksanaan khutbah Jum’at sama dengan salat Ied dan Istisqo’ (salat mohon hujan), yaitu salat terlebih dahulu kemudian khutbah tetapi karena ada kasus beberapa sahabat  meninggalkan Rasulullah sendirian sedang  berkhutbah karena ada dagangan datang akhirnya ditegur oleh Allah dan dirubahlah khutbah Jum’at itu didahulukan kemudian salat.

            Dalam kitab Bujairimi alal Khotib juz II halaman 164 dijelaskan, “Syekh al-Damamini berkata dalam kitab Syarhul Bukhori, bahwa salat Jum’at di permulaan islam sama seperti salat Ied dan Istisqo’, yaitu salat dahulu kemudian berkhutbah. Kebetulan  setelah Rasulullah salat dan sedang khutbah Jum’at datanglah perniagaan, akhirnya para sahabat berhamburan keluar masjid  meninggalkan Rasulullah berdiri berkhutbah sendirian maka turunlah firman Allah SWT, “ Dan ketika mereka melihat perniagaan atau permainan, merekapun bubar untuk menuju kepadanya, dan mereka tinggalkan engkau berdiri melakukan khutbah…” Maka sejak itulah  didahulukan khutbah dari salat Jum’at.

            Pak H. Anas yang dimuliakan Allah SWT, pada awalnya salat Jum’at dan salat Ied dalam pelaksanaan khutbahnya itu sama yaitu salat dahulu kemudian khutbah, namun sejak peristiwa keluarnya para sahabat dari masjid karena datangnya perniagaan, maka dirubahlah pelaksanaan khutbah Jum’at yaitu salat dahulu kemudian khutbah dan seperti inilah yang dilaksanakan sampai sekarang. Walllahu a’lam bisshowab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here